Selasa, 22 Januari 2013

Fishbone Diagram (tulang ikan)


Fishbone Diagram (tulang ikan) - mencari penyebab masalah dalam SGA
Tutorial SGA
Didalam pembahasan SGA sebelumnya untuk tools langkah 2 mencaripenyebab masalah memerlukan tools   
Fishbone Analysis secara etimologi artinya Analisis Tulang Ikan. Definisi secara luas Fishbone Analysis (sering juga disebut Fishbone Diagrams atau Cause Effect Diagram atau Ishikawa Daigram) ialah alat yang digunakan untuk membantu organisasi memecahkan masalah dengan melakukan analisis sebab dan akibat dari suatu keadaan dalam sebuah diagram yang terlihat seperti sebuah tulang ikan (fishbone diagram). Pembuat alat analisis ini adalah Kaoru Ishikawa, serorang ilmuwan dan innovator manajemen kualitas di Jepang, pada tahun 1990[3], sehingga juga sering disebut Ishikawa Diagram.
Fishbone Analysis sering disebut juga Ishikawa Diagram
Selain definisi mengenai fishbone analysis diatas, fishbone analysis juga berarti:
  • Dalam Metode  yang dapat dipergunakan untuk menelusuri penyebab suatu permasalahan terjadi.
  • Melibatkan partisipasi semua orang.
  • Dasarnya adalah prinsip bahwa pemikiran yang bersumber dari orang banyak lebih baik dari satu orang.
  • Dinamakan diagram tulang ikan karena bentuk dari diagram ini seperti tulang ikan, dengan permasalahan sebagai kepalanya, dan penyebab-penyebab yang ada sebagai duri-durinya.
conto0h fishbond
Gambar 1 Diagram Dasar Analisis Fishbone


Fungsi Fishbone Analysis
Analisis fishbone dapat berfungsi sebagai:
  1. Diagram tulang ikan membantu untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah.
  2. Memungkinkan juga untuk mengidentifikasi solusi yang dapat membantu menyelesaikan lebih dari satu masalah.
  3. Sementara melakukan analisis ini, Anda dapat membuat penemuan lebih lanjut yang juga akan membantu Anda menghapus blok lainnya.
Fishbone Analisis berfungsi juga  sebagai  penelitian:
  • Karena  kemungkinan - kemungkian yang kita temukan sebagai penyebab terjadinya permasalahan-permasalahan  akan dituliskan di salah satu duri dari root.
  • Dengan demikian fishbone ini tergantung dari penguasaan wawasan pengetahuan dan teknologi yang dimiliki.
  • Oleh karenanya sebaiknya diagram tulang ikan ini diletakkan pada lokasi yang mudah terlihat bagi semua sehingga semua orang dapat berpartisipasi.
Kategorisasi:
Dalam analisis fishbone penyebab dari suatu permasalahan dapat dikategorisasi seperti sebagai berikut:
gai berikut:
– Kategori
  •  Man (Manusia)
  •  Machine (mesin)
  •  Methode Metode)
  •  Material (material)
  •  Environment (lingkungan)
– Kategori :
  •  Tujuan
  •  Kepemimpinan
  •  Reward
  •  Mekanisme pembantu
  •  Sikap thd perubahan
– Kategori :
  •  Input (masukan)
  •  Proses
  •  Output Keluaran)
– Kategori :
  •  Place (tempat)
  •  Procedure (standar kerja)
  •  People (orang)
  •  Policy (kebijakan)
– Kategori :
  •  Surrounding
  •  Supplier
  •  System
  •  Skill
Penggunaan Fishbone Analysis
Berikut langkah-langkah penggunaan analisis fishbone:
1) Tentukan karakteristik masalah dan buatlah menjadi seperti "tulang punggung" ikan.
2) Tentukan penyebab utama dari masalah. Banyak orang menyarankan bahwa Anda harus membagi penyebab ke dalam kategori: Staf, Mesin, Material, Metode dan Lingkungan (atau Energi).
3) Tetapkan satu "tulang besar" - berasal dari tulang punggung ikan - ke setiap kategori.
4) Untuk setiap penyebab utama, pikirkan area yang memberikan kontribusi terhadap masalah misalnya kurangnya pelatihan mungkin menjadi penyebab utama dalam kategori Staf. Tulislah di horizontal garis - pada "tulang tengah" - yang berjalan keluar dari tulang besar.
5) Analisa dan tentukan penyebab sekunder dan tambahkan sebagai "tulang kecil" : Untuk setiap penyebab, dapat dimulai dengan pertanyaan ‘mengapa hal ini terjadi?’ Jika ada alasan lain, termasuk pada sebuah cabang dari garis horizontal dari penyebab tersebut: misalnya, mengapa terdapat kurangnya pelatihan? Jawabannya mungkin kekurangan dana. Ini harus ditambahkan ke diagram.
digram fishbone
Gambar 2 Penyusunan Diagram Fishbone


Contoh Penggunaan Diagram Fishbone : Sebab dan akibat produktivitas masyarakat miskin dalam pelayanan bingkisan cepat (parcel)[2]
tulang ikan
Gambar 3 Contoh Fishbone Diagram sebab
dan akibat produktivitas masyarakat miskin
dalam pelayanan bingkisan cepat (parcel)

Analisis Hasil[1] :
  • Capaian akhir adalah adanya kesepakatan atas sebab-sebab yang paling utama dan paling mungkin terjadi;
  • Tanyakan mengapa hal tsb adalah sebab yang paling mungkin terjadi;
  • Jika sudah tidak dapat menjawab lagi, ma-ka itulah sebab pokok yang mungkin dapat mengakibatkan permasalahan terjadi.
sumber : cio-indo
Referensi:
[1] Bernard H. Boar. The Art of Strategic Planning for Information Technology. John Wiley and Sons, Inc.,
second edition edition, 2001.
[2] Ilofip. Factory improvement programme, module 2: Quality, tool 7. http://www.ilofip.org. Diakses pada
tanggal 20 Februari 2011.
[3] Improhealth. Fishbone diagram. http://www.improhealth.org. Diakses pada tanggal 20 Februari 2011.

Anda butuh sharing/training/learning silihkan hubungi
SGA Expert
fsakti 

oleh fsakti FASANA IT | Tutorial Computer Updated at : 16.10
Anda suka artikel di atas ???
Klik salah satu atau ketiga tombol di bawah ini :

Jangan Lupa Baca Juga :

0 komentar:

 
Ke bawah Ke ATAS