Jumat, 16 Mei 2014

Penerapan Logika Pemrograman dan Algoritma 1

logika pemrograman
Kali ini saya sedikit berbagi turotial penerapan logika pemrograman dan algoritma tujuan untuk mempelajari logika pemrograman dengan Lazarus dan pemahaman Algoritma.

Pembahasan ini mencakup :
  • Prosedur Write (Cetak), Read (Masuk), Variable dan Tipe Data
  • Struktur Kondisi 

A).  Prosedur Write (Cetak), Read (Masuk), Variable dan Tipe Data 

1) Write (cetak)
Dalam program struktur seperti halnya pascal dikenal dengan menngunakan printah "write" atau "writeln",
perbedaan printah tersebut adalah jika wite akan dicetak kesamping sementara witeln atau write endline yang berfungsi untuk mencetak mengakhiri baris penulis.





Write
    
begin
  write('Penerapan Logika Pemrograman dan Algoritma');
  readln;
end.  
Writeln
    
begin
  writeln('Penerapan Logika Pemrograman');
  write('dan Algoritma');
  readln;
end. 
 
Pemrograman Fasana
 
 
2) Read (Masukan)
Untuk membaca atau memasukan nilai dari keyboard 

3). Masukan mengunakan Variable

untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, penambahan, perkalian atau operasi lainya untuk di proses akan membutuhkan variable
Contoh penempatan variable nilai sudah ditentukan
logika pemrogramanvariable.jpg




Contoh penempatan variable nilai inputan (lebih sederhana)
variablec2.jpg







A ) Lebih Jauh Mengenal Mengenal Struktur Kondisi atau Pencabagan atau Pilihan

1.1 Struktur Kondidi IF
Biasanya ditulis :
" IF {Kondisi} then
 {Pernyataan} "

Jika Kondisi Lebih dari satu maka cara penulisan strukturnya sebagi berikut :
" IF {kondisi} then
  Begin
        { Pernyatan 1};
        { Pernyaatan 2};
         .................
        { Pernyatan  n};

  end; "

Contoh :
fc_if1.jpgif1.jpg





1.2 Struktur Kondidi IF .. Then... Else
Struktur konsisi diatas bisa digunakan untuk mencari kondisi True dan False atau mempunyai 2 kondisi
struktur penyataannya sebagai berikut:
" IF {Kondoisi} Then
    {Pernyataan}
  Else
    {Pernyaataan};

Jika terjadi lebih dari satu statment maka:
"IF {kondisi} Then
 Begin
    {Pernyataan1} ;
    {Pernyataan2} ;
    ........
    {Pernyataan n} ;
end
else
Begin
    {PernyataanA} ;
    {PernyataanB} ;
    ........
    {Pernyataan N} ;
end ; "

Contoh :
untuk mencari  nilai kelulusan dan tidak lulus dengan algoritma sbb:
1. Mulai
2. Input Nilai
3. Jika Nilainya >=75 maka jika ya cetak "Lulus", Jika tidak "Gagal"
4. Selesai


if.jpgif2.jpg

 

   

Bersambung ke tutorial berikutnya.....




oleh fsakti FASANA IT | Tutorial Computer Updated at : 00.33
Anda suka artikel di atas ???
Klik salah satu atau ketiga tombol di bawah ini :

Jangan Lupa Baca Juga :

0 komentar:

 
Ke bawah Ke ATAS