Kamis, 21 November 2013

Belajar Class Diagram dengan UML

Belajar Class Diagram dengan UML
clasdigram
Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah "bahasa" yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.
Sekarang kita akan mempelajari apa itu Class Diagram menurut para ahli:
Class Diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, packagedan objek beserta hubungan
satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain (Romi Satria Wahono dalam tulisan IlmuKomputer.com).

Class Diagram adalah kumpulan objek-objek dengan dan yang mempunyai struktur umum, behavior umum, relasi umum, dan semantic/kata yang umum. Class-class ditentukan/ditemukan dengan cara memeriksa objek-objek dalam sequence diagram dan collaboration diagram. Sebuah class digambarkan seperti sebuah bujur sangkar dengan tiga bagian ruangan. Class sebaiknya diberi nama menggunakan kata benda sesuai dengan domain/bagian/kelompoknya (Whitten L. Jeffery et al, 2004).

Class Diagram adalah diagram yang menunjukan class-class yang ada dari sebuah sistem dan hubungannya secara logika. Class diagram menggambarkan struktur statis dari sebuah sistem. Karena itu class diagram merupakan tulang punggung atau kekuatan dasar dari hampir setiap metode berorientasi objek termasuk UML (Henderi, 2008). Sementara menurut (Whitten L. Jeffery et al 2004:432) class diagram adalah gambar grafis mengenai struktur objek statis dari suatu sistem, menunjukan class-class objek yang menyusun sebuah sistem dan juga hubungan antara class objek tersebut.

Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan 
merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class meng gambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi). 

Class memiliki tiga area pokok : 
1.  Nama (dan stereotype) 
2.  Atribut 
3.  Metoda 

Class Diagram menunjukkan building blocks dari setiap sistem objek-berorientasi. Class Diagram menggambarkan struktur statis dari model, atau bagian dari model, menggambarkan apa atribut dan perilaku nya bukan merinci metode untuk operasi mencapai . Class Diagram yang paling berguna dalam menggambarkan hubungan antara kelas dan interface. 
Generalisasi, agregasi, dan asosiasi semuanya berharga dalam mencerminkan warisan, komposisi atau penggunaan, dan koneksi masing-masing.

Untuk mengambarkan Class diagram bisanya mengunkan elemen seperti dibawah
element

Bisa kita lihat contoh diDiagram dibawah menggambarkan hubungan agregasi antara kelas. agregasi menunjukkan bahwa kelas "account" menggunakan "addressbook", tetapi tidak selalu mengandung sebuah instance dari itu. Komposit agregasi dengan konektor lain menunjukkan kepemilikan atau penahanan kelas sumber oleh kelas target, misalnya "contact" dan "contactgroup" nilai akan terkandung dalam "addressbook".


contohclass

Sampai disini dulu tutorial UML pembahasan Class Diagram semoga manfaat dan kita sambung kembali dilain waktu.



Salam super keyword by FB, facebook, UML, software engineering, class diagram, bbm, lagu. 
Gabung pembahsaan lebih lanjut bisa bergabung di fb




oleh fsakti FASANA IT | Tutorial Computer Updated at : 23.09
Anda suka artikel di atas ???
Klik salah satu atau ketiga tombol di bawah ini :

Jangan Lupa Baca Juga :

0 komentar:

 
Ke bawah Ke ATAS