Jumat, 03 Juni 2016

Visual Modeling dengan UML

belajar UML
Teknologi Object Oriented merupakan paradigma software engineering yang berdasarkan pada pada object karna merupakan metodologi terbaik pada saat ini.
Suatu object dalam sebuah model berfokus pada sebuah proses analisis, design, impelentasi dan testing dengan menekanakan pada state dan behavior serta berintraksi dengan object-object dalam pemodelan tersebut.
Didalam pengembangan software engineering,
object oriented berpengaruh dalm bahasa pemrograman, manajemen proyek, metode rekayasa, hardware dan lain-lain, obejct oriented analysis merupakan metode analisa yang memeriksa requirements, sedangkan  obejct oriented design merupakan metode untuk mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi object-object sistem atau subsistemnya.
Object :
Object / atau benda adalah secara fisik  atau konseptual seperti hardware, software, manusia, dokumen, alat dan lain-lainnya, seorang software engineering object seperti window , check box dll.
State (sesat) dari sebuah object merupakan kondisi object tersebut atau himpunan dari keadaan yang mengambarkan object tersebut.
Attribute (Atribut) merupakan merupakan nilai internal dari suatu object yang mencerminakan karakteristik suatu object, kondisi sesat, koneksi dengan object lain serta identitas, perubahan dari state dicerminkan oleh behavior.
Behavior (perilaku) suatu object merupakan bagaimana sebuah object berreaksi serta memberi reaksi, serta ditentukan oleh himpunan yang dapat dilakukan dalam object itu sendiri.
Intrface merupakan pintuk untuk mengakses sebuah service object merupakan fungsi yang bisa diemban oleh object sedangkan method merupakan internal object yang mencerminakan behavior object tersebut.
Class (kelas)  merupakan pola, cetak biru untuk himpunan object sejenis, kelas menempatkan behavior dan attribute dari object-object tersebut, class adalah abstarksi dari entitas dalam dunia nyata.
Encapsulation merupakan proses penyembunyaian detail implentasi dari sebuah object. untuk mengakses data obejct melalui interface, object sering digambarkan dalam sebuah black box yang menerima dan mengirim massages. messages merupakan sebuah receiver object untuk membawa metode yang ditunjukan atau behavior mengambalikan result dari akses tersebut kepada sender obejct.
Association merupakan hubungan anatr object yang saling membutuhkan sementara  Aggregation bentuk khusus dari assocation yang mengambarkan  seluruh bagian suatu object . 

bersambung ke : Sematik dalam UML

oleh fsakti FASANA IT | Tutorial Computer Updated at : 00.24
Anda suka artikel di atas ???
Klik salah satu atau ketiga tombol di bawah ini :

Jangan Lupa Baca Juga :

0 komentar:

 
Ke bawah Ke ATAS