Minggu, 03 Maret 2019

Pengenalan Algoritma dan Struktur Data


MASALAH DAN SOLUSI
Bermula ada masalah kemudian akan dicari solusi dengan bantuan komputer. Pemecahan Masalah atau solusi berupa algoritma yang diterjemahkan menjadi program komputer atau disebut source code, setelah itu berubah menjadi executable code yang bisa dijalankan perangkat keras dengan di RUN kemudian akan mengeluarkan jawaban dari masalah atau hasil. 
ALGORITMA
Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi merupakan bapak algoritma, kemudian orang barat menyebutnya Algorism disebutkan dalam buku The book of restoration and reduction sekitar tahun 825. Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
Dalam Materi bahasan Algoritma dan Struktur data Ruang Lingkup sebagai berikut:
  1. Introduction Algorihtm and Data Structure
  2. Element and Program Structure
  3. Structure Selection and Repetition
  4. Function
  5. Array
  6. Link List
  7. Stack
  8. Queue
  9. Application Link List , Stack and Queue
  10. Sorting
  11. Advanced Sorting
  12. Tree
  13. Data Seach technuque
  14. Graph
  15. Solution to  problem  (Sorting, Searching, graph and Tree )
Materi Terkait

Jenis Proses dalam Algoritima, utuk mementuk suatu algoritma bisa dibagi tiga kelompok :
  1. Sequence Process (Proses yang berurutan)
  2. Selection Process (Proses pemiliahn)
  3. Iteration Process (Proses pengulangan)   
Algoritma digunakan sebagai tahapan perantara pada penulisan program komputer , merupakan implementasi  algoritma berdasakan kaedah bahasa pemrograman tertentu, algoritma juga bisa diterapkan dalam gambar atau flowchart lihat link lebih lanjut tentang flowchart , Pesudocode dan kode maya.

Syarat Algoritma
 Menurut Donal EKnuth algoritma harus memenuhi persyaratan berikut ini:
1.  Finiteness, harus berakhir/terminate setelah melakukan langkah proses.
2. Definiteness , tidak bermana ganda / ambiguous, paling tepat penulisan algoritma harus dengan
    bahasa formal yaitu pemrograman komputer.
3. Input, semoa algoritma memerlukan inoutan data untuk di olah.
4. Output, setiap algoritma beberapa hasil/keluaran
5. Effectiveness, langkah-langkah algoritma di kerjakan dengan waktu ayng wajar.

Pemecahan masalah dengan bantuan komputer
Agar mempermudah pemecahan masalah maka harus ada alat bantu yaitu komputer:
1. Defisini Masalah
2. Membuat Model
3. Merancang Algoritma
4. Menulis Program
5. Kompilasi Pemrograman dan kesalahan sintaks
6. Run dan kesalahan Output
7. Dokumentasi

Misalkan kita ingin menghitung luas lingkaran dari masukan berupa jari-jari lingkaran Rumus luas lingkaran adalah :
Luas = Ï€R2 

Maka algoritma untuk menghitung luas lingkaran adalah :
  1. Masukkan R 
  2. Pi = 3.14 
  3. Luas = Pi * R * R 
  4. Tulis Luas
Dengan Flow Chart :




















dan juga bisa kita tuliskan dengan flow chart lebih banyak lagi di modul logika

 Contoh pseuducocde dari algoritma diatas adalah :

Program : Menghitung Luas Lingkaran
Mulai
Masukkan nilai jari-jari kedalam variabel R
Masukkan 3.14 kedalam variabel Pi
Masukkan hasil perkalian Pi dengan R kuadrat kedalam variabel Luas
Tampilkan nilai variabel luas
Selesai

Cara Penulisan Program di Bahasa C :

# include 
# include 

int main () {
    float pnj, lbr, sekotak, harga, upah;
    float keping, beakeramik, biayaupah, totalbiaya;

    printf ("panjang dan lebar lantai ? ");
    scanf ("%f %f", &pnj, &lbr);
    printf ("keping keramik perkotak dan harga ? ");
    scanf ("%f %f", &sekotak, &harga);
    printf("upah kerja per meterpersegi ? ");
    scanf ( "%f", &upah);
    keping = ceil (pnj/30) *ceil (lbr/30) * 1.1;
    beakeramik = ceil ( keping/sekotak) * harga;
    biayaupah = ceil (pnj/100 * lbr/100) * upah;
    totalbiaya = beakeramik + biayaupah;

    printf ("biaya keramik = %.0f\n", beakeramik);
    printf("biaya upah = %.0f\n", biayaupah);
    printf("total biaya = %.0f\n", totalbiaya);
    return 0;
}
Struktur Data 
Struktur data adalah sebuah skema organisasi, seperti struktur dan array, yang  diterapkan pada data sehingga data dapat diinterprestasikan dan sehingga operasi-operasi spesifik dapat dilaksanakan pada data tersebut.   
Jenis-jenis Type Data Sederhana:
Integer, Real, Boolean, Karakter, String

Operasi-operasi dasar yang ada dalam integer antara lain : 
  • Penjumlahan 
  • Pengurangan 
  • Perkalian 
  • Pembagian 
  • Perpangkatan, dsb
Bilangan Pecahan atau Real atau Float  :
Jenis data ini ditulis menggunakan titik desimal (atau koma desimal). Bilangan real dimasukkan ke dalam memori komputer memakai sistem floating point, merupakan versi yang disebut Scientific

Boolean:




Materi Terkait

oleh fsakti FASANA IT | Tutorial Computer Updated at : 14.02
Anda suka artikel di atas ???
Klik salah satu atau ketiga tombol di bawah ini :

Jangan Lupa Baca Juga :

0 komentar:

 
Ke bawah Ke ATAS