MASALAH DAN SOLUSI
Bermula ada masalah kemudian akan dicari solusi dengan bantuan komputer. Pemecahan Masalah atau solusi berupa algoritma yang diterjemahkan menjadi program komputer atau disebut source code, setelah itu berubah menjadi executable code yang bisa dijalankan perangkat keras dengan di RUN kemudian akan mengeluarkan jawaban dari masalah atau hasil.
ALGORITMA
Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi merupakan bapak algoritma, kemudian orang barat menyebutnya Algorism disebutkan dalam buku The book of restoration and reduction sekitar tahun 825. Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
Dalam Materi bahasan Algoritma dan Struktur data Ruang Lingkup sebagai berikut:
Jenis Proses dalam Algoritima, utuk mementuk suatu algoritma bisa dibagi tiga kelompok :
- Introduction Algorihtm and Data Structure
- Element and Program Structure
- Structure Selection and Repetition
- Function
- Array
- Link List
- Stack
- Queue
- Application Link List , Stack and Queue
- Sorting
- Advanced Sorting
- Tree
- Data Seach technuque
- Graph
- Solution to problem (Sorting, Searching, graph and Tree )
Jenis Proses dalam Algoritima, utuk mementuk suatu algoritma bisa dibagi tiga kelompok :
- Sequence Process (Proses yang berurutan)
- Selection Process (Proses pemiliahn)
- Iteration Process (Proses pengulangan)
Syarat Algoritma
Menurut Donal EKnuth algoritma harus memenuhi persyaratan berikut ini:
1. Finiteness, harus berakhir/terminate setelah melakukan langkah proses.
2. Definiteness , tidak bermana ganda / ambiguous, paling tepat penulisan algoritma harus dengan
bahasa formal yaitu pemrograman komputer.
3. Input, semoa algoritma memerlukan inoutan data untuk di olah.
4. Output, setiap algoritma beberapa hasil/keluaran
5. Effectiveness, langkah-langkah algoritma di kerjakan dengan waktu ayng wajar.
Pemecahan masalah dengan bantuan komputer
Agar mempermudah pemecahan masalah maka harus ada alat bantu yaitu komputer:
1. Defisini Masalah
2. Membuat Model
3. Merancang Algoritma
4. Menulis Program
5. Kompilasi Pemrograman dan kesalahan sintaks
6. Run dan kesalahan Output
7. Dokumentasi
Misalkan kita ingin menghitung luas lingkaran dari masukan berupa jari-jari lingkaran Rumus luas lingkaran adalah :
Luas = πR2
Maka algoritma untuk menghitung luas lingkaran adalah :
- Masukkan R
- Pi = 3.14
- Luas = Pi * R * R
- Tulis Luas
dan juga bisa kita tuliskan dengan flow chart lebih banyak lagi di modul logika
Contoh pseuducocde dari algoritma diatas adalah :
Program : Menghitung Luas Lingkaran
Mulai
Masukkan nilai jari-jari kedalam variabel R
Masukkan 3.14 kedalam variabel Pi
Masukkan hasil perkalian Pi dengan R kuadrat kedalam variabel Luas
Tampilkan nilai variabel luas
Selesai
Cara Penulisan Program di Bahasa C :
# include
# include
Struktur Data
Struktur data adalah sebuah skema organisasi, seperti struktur dan array, yang diterapkan pada data sehingga data dapat diinterprestasikan dan sehingga operasi-operasi spesifik dapat dilaksanakan pada data tersebut.
Jenis-jenis Type Data Sederhana:Integer, Real, Boolean, Karakter, String
Operasi-operasi dasar yang ada dalam integer antara lain :
- Penjumlahan
- Pengurangan
- Perkalian
- Pembagian
- Perpangkatan, dsb
Jenis data ini ditulis menggunakan titik desimal (atau koma desimal). Bilangan real dimasukkan ke dalam memori komputer memakai sistem floating point, merupakan versi yang disebut Scientific
Boolean:
Materi Terkait
oleh fsakti
FASANA IT | Tutorial Computer
Updated at :
14.02
Anda suka artikel di atas ???
Klik salah satu atau ketiga tombol di bawah ini :
Klik salah satu atau ketiga tombol di bawah ini :
0 komentar:
Posting Komentar